Manajemen Strategis Dan Analisis SWOT Dalam Pendidikan
Keywords:
Manajemen Strategi, Analisis SWOTAbstract
Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. Analisis SWOT (SWOT analysis) yakni mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan. Informasi eksternal mengeni peluang dan ancaman dapat diperoleh dari banyak sumber, termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, kalangan perbankan, rekan diperusahaan lain. Banyak perusahaan menggunakan jasa lembaga pemindaian untuk memperoleh keliping surat kabar, riset di internet, dan analisis tren-tren domestik dan global yang relevan. Upaya-upaya untuk mengatasi kelemahan dan tantangan dalam meningkatkan produktifitas lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain: mengidentifikasi dan ikut berpartisipasi dalam perubahan,dan melibatkan diri dalam perubahan sosial dan menjadikan dirinya pusat perubahan social.
References
Abdul Hadi, Konsep Analisis SWOTdalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah, Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol.XIV, No.1, 2013
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Graedia, 2004
Jurnal MP3A,Visi, Misi, dan Strategi Pembinaan Madrasah, Jakarta: Departemen Agama Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2004
Taufiqurokhman, Manajemen Strategik, Jakarta: Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, 2016
Richard L. Daft, Era Baru Manajemen, Salemba Empat: Edward Tanujaya, Edisi 9, 2010,
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2020 Tri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.