Meningkatkan Pengetahuan Dasar Keagamaan Anak-Anak Simpang Nadong Melalui Program Bimbel PAI

Authors

  • Helwy Nurazizah UIN Antasari Banjarmasin
  • Zuraidah Indonesia
  • Marina Juniarty Indonesia
  • Raudah UIN Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Azmi Indonesia
  • Nassem Hamed Indonesia

Keywords:

Anak-anak, Bimbel PAI, Moral,

Abstract

Pendidikan merupakan kunci utama sebagai faktor pengaruh terhadap akhlak yang akan membentuh karakter seorang anak. Pendidikan akhlak akan dapat ditemukan melalui pembahasan yang berhubungan dengan agama. Hal tersebut dikarenakan agama akan memberikan penjelasan mengenai akhlak terpuji dan tercela. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), atau Penelitian Tindakan Partisipatif, adalah suatu pendekatan penelitian yang menekankan partisipasi aktif dan kolaboratif antara peneliti dan komunitas atau kelompok yang menjadi subjek penelitian. Metode ini bertujuan untuk tidak hanya memahami masalah atau tantangan yang dihadapi oleh kelompok tersebut, tetapi juga untuk memberdayakan mereka melalui keterlibatan langsung dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses penelitian. Penelitian ini bertujuan memberikan informasi tentang cara meningkat pengetahuan dasar keagamaan anak-anak Simpang Nadong melalui program Bimbel PAI. Program Bimbel PAI merupakan kegiatan yang memberikan pembelajaran mengenai keagamaan melalui media video dan lagu. Bimbel PAI ini dilaksanakan setelah kegiatan mengaji selesai yang bertempat di Taman Pendidikan Al-Qur’an atau TPA desa Simpang Nadong. Bimbel PAI ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar-dasar keagamaan yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan dapat diterapkan di kegiatan sehari-hari. Dikarenakan banyak anak-anak pada zaman sekarang yang memiliki sikap dan moral yang masih perlu ditingkatkan, sehingga dengan media pembelajaran Bimbel PAI ini dapat meminimalisir sikap atau moral negatif pada anak-anak dan tidak menjadi sebuah kebiasaan hingga mereka dewasa.

References

Abdul Majid. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, H. M. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dppkbpppa.pontianak, 05 April 2022, Anak Jaman Dulu vs Anak Zaman Sekarang, 27 November 2023, https://dppkbpppa.pontianak.go.id/informasi/berita/anak-jaman-dulu-vs-anak-zaman-sekarang

Hafidz, Novita, Mutiya, Mohammad Zakki, and Nurul Latifatul Inayati. 2022. “Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membina Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda Pendahuluan Pendidikan Moral Bukanlah Subjek Yang Baru Dalam Lingkup Pendidikan . Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Bagi Pribadi Anak , Supaya Mandiri Ma.” JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner 2(1):95–105.

Jumhur dan Moh. Surya. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV. Ilmu.

Khaironi, Mulianah. 2017. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 1(01):1. doi: 10.29408/goldenage.v1i01.479.

Rahayu, Hapsah, Elindra Yetti, and Yetti Supriyati. 2020. “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak Dan Lagu.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):832–40. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.691.

Rubini. 2019. “Pendidikan Moral Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 8:225–71.

Suparno, P. 2012. “Pengembangan Karakter Untuk Anak Zaman Sekarang.” Seminar Pendidikan Yang Diselenggarakan Oleh Unit … (November):2–3.

Susanto, Edi, and Muhadi. 2022. “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Istiqomah di Desa Sumber Agung Kecamatan Belitang Jaya.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka 3(2):58–65.

Additional Files

Published

2023-12-25

How to Cite

Helwy Nurazizah, Zuraidah, Marina Juniarty, Raudah, Muhammad Azmi, & Nassem Hamed. (2023). Meningkatkan Pengetahuan Dasar Keagamaan Anak-Anak Simpang Nadong Melalui Program Bimbel PAI . JePKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 97–110. Retrieved from https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/mengabdi/article/view/342

Issue

Section

Articles

Categories