Misbahul Ulum (Jurnal Institusi) https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul <p>Misbahul Ulum merupakan jurnal akademik yang diterbitkan dua kali dalam setahun (enam bulan) pada bulan Juni dan Desember oleh STIT Misbahul Ulum Gumawang dengan ISSN : 2656-6710 dan E-ISSN : 2745-9128. Jurnal ini menekankan spesifikasi dalam wacana pendidikan Islam, dan mengkomunikasikan penelitian-penelitian dan masalah-masalah aktual dan kontemporer yang berkaitan dengan pendidikan Islam. Dengan terbitnya jurnal tersebut diharapkan dapat berperan sebagai media yang menumbuhkan dan membangkitkan motivasi para peminat kajian pendidikan Islam guna menghidupkan wacana pendidikan Islam di bidang pemikiran, penelitian, metodologi, serta manajemen pendidikan Islam melalui karya-karya yang berkualitas. Melalui hal ini, STIT Misbahul Ulum Gumawang diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi perkembangan kajian-kajian pendidikan Islam dan memfasilitasi berkembangnya jaringan keilmuan, baik di kalangan civitas akademika sendiri maupun dari pusat-pusat kajian keislaman lainnya.</p> en-US titiksmkbelga@gmail.com ( Titik Rusyanti) stitmugu01@gmail.com (Khoirudin) Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MI Darul Huda OKU Timur https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/352 <p>Berbagai upaya peningkatan telah banyak dilakukan tetapi pendidikan masih dihadapkan kepada persoalan terkait dengan standar dan pengukuran mutu itu sendiri. Hal ini dipersulit lagi dengan masalah komitmen yang selalu menimbulkan keraguan. Rendahnya kualitas pendidikan tersebut disebabkan oleh tidak adanya komitmen pemerintah terhadap amanat UUD 1945 untuk mewujudkan sistem pendidikan yang mencerdaskan rakyat. Manajemen umumnya, aktifitas manajemen pada setiap lembaga atau organisasi yang berkaitan dengan usaha mengembangkan potensi dan memimpin suatu tim atau sekelompok orang dalam suatu kesatuan, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu dalam organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya (pre determine objective). Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan harus dilaksanakan dengan efektif dari seluruh unsur manajemen administratif sesuai program mulai dari perencanaan sampai pada pengawasan.</p> Indah Inayatur Rohmah, Agus Siswanto Copyright (c) 2023 Indah Inayatutur Rohmah, Agus Siswanto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/352 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern Minhajul Muttaqin OKU Timur Dalam Perspektif Progresivisme https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/353 <p>Pondok pesantren identik dengan hidup secara mandiri, sehingga santri dapat menanamkan karakter kemandirian saat ia berada di pesantren. Selain mengajarkan santri dalam hal kemandirian, pesantren juga menanamkan banyak karakter seperti bersikap empati, belajar memecahkan masalah sendiri dan berpikir kreatif. Hal tersebut menghasilkan korelasi antara pendidikan karakter di pesantren dengan aliran filsafat Progresivisme. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Modern Minhajul Muttaqin OKU Timur menanamkan pendidikan karakter pada santri di kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dalam pancajiwa meliputi kesempurnaan iman, keikhlasan amal, kemuliaan budi pekerti, keunggulan prestasi, dan kepekaan sosial.</p> Moh. Adzkiyaunuha- Copyright (c) 2023 Moh. Adzkiyaunuha https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/353 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 Kreativitas Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Layanan Mutu Pendidikan Di SMA Kecamatan Semendawai Timur https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/354 <p>Persaingan dunia pendidikan tidak bisa dihindari hingga membuat setiap lembaga pendidikan harus selalu bersaing dalam meningkatkan pendidikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan kajian ini untuk menguraikan bentuk kreativitas Kepala Sekolah, dan langkah langkah strategis dalam meningkatkan layanan pendidikan di SMA Al Qur’an Darul Muttaqin. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian yang digunakan adalah Kepala Sekolah, 3 (tiga) orang Guru dan 3 (tiga) Siswa. Analisis data menggunakan teori triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga (3) bentuk kreativitas dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan SMA Al Qur’an Darul Muttaqin yaitu kombinasi, Kepala Sekolah masih melanjutkan beberapa ide dari Kepala Sekolah yang terdahulu kemudian ditambah dengan ide-idenya saat ini. eksplorasi beliau menyalurkan ide-idenya untuk kemajuan sekolah. Dan transformasional ide-ide baru yang dicetuskan oleh Kepala Sekolah tak berkisar sepintas ide saja namun diwujudkan dalam bentuk nyata. Sedangkan strategi dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan di SMA Al Qur’an Darul Muttaqin harus memenuhi 5 faktor : <em>Mainline, </em>Kepala Sekolah memiliki visi kerja yang jelas, mengerti, dapat bekerja keras, termotivasi untuk bekerja, tekun dan tidak tergoyahkan, serta memberikan pelayanan yang optimal, harus memiliki disiplin kerja yang kuat. <em>Guru, </em>Keterlibatan guru secara maksimal dalam kegiatan seminar, lokakarya, pelatihan dengan meningkatkan kemampuan dan profesi guru serta memastikan bahwa hasil kegiatan tersebut dilaksanakan di sekolah. <em>Siswa, </em>pendekatan yang harus diikuti adalah "Center Children", yang memungkinkan sekolah untuk menilai kemampuan dan keterampilan siswa dan menilai kekuatan siswa. <em>Kurikulum, </em>Kehadiran kurikulum yang konsisten, dinamis dan terintegrasi dapat memungkinkan dan mendorong standar kualitas yang diharapkan, sehingga secara optimal mencapai tujuan. <em>Jaringan Kerjasama, </em>Jaringan kerjasama tidak hanya bekerja dengan sekolah dan masyarakat (orang tua dan masyarakat), tetapi juga dengan organisasi lain seperti dunia usaha dan instansi, sehingga mencakup capaian sekolah di dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut jika kreativitas Kepala Sekolah dilakukan dengan baik maka layanan mutu pendidikan di SMA Al Qur’an Darul Muttaqin akan berjalan dengan baik pula.</p> Suroto, Ayu Lestari Copyright (c) 2023 Suroto; Ayu Lestari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/354 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 Muhkam Dan Mutasyabih Dalam Ulumul Qur’an https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/355 <p>Permasalahan yang saat ini sering dihadapi oleh para mahasiswa adalah keterbatasan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik untuk belajar. Media pembelajaran dapat berupa grafik, visual, audio, dan elektronik. Oleh karena itu perlu pemilihan aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah dengan hasil yang maksimal. Salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran yang berkualitas adalah Canva. Canva sebagai salah satu aplikasi desain grafis yang membantu pengguna untuk membuat berbagai jenis material kreatif secara <em>online</em>. Penggunaan Canva sebagai pembuatan media pembelajaran dapat mempermudah dan menghemat waktu guru dalam mendesain media pembelajaran. Adapun dalam hal ini banyak mahsiswa belum mengetahui tentang apa itu Canva dan manfaatnya bagi mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Canva bagi mahasiswa. Dalam kegiatan ini para mahasiswa melakukan praktik pembuatan media pembelajaran Canva. Hasilnya, mereka mampu mengembangkan media pembelajaran yang menarik dengan menggunakan Canva agar dapat menambah motivasi mahasiswa itu sendiri dalam belajar. Dengan alasan inilah penulis memandang pelatihan aplikasi ini penting untuk dilakukan untuk membantu mahasiswa untuk dapat membuat sendiri media pembelajaran yang menarik.</p> Anang Silahuddin Copyright (c) 2023 Wasiati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/355 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Fatkhul Ulum Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/356 <p>Kualitas dari pemimpin seringkali dianggap sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan atau kegagalan organisasi demikian juga keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi baik yang berorientasi bisnis maupun publik, biasanya dipersepsikan sebagai keberhasilan atau kegagalan pemimpin. Begitu pentingnya peran pemimpin sehingga isu mengenai pemimpin menjadi fokus yang menarik perhatian para peneliti bidang perilaku keorganisasian. Pemimpin memegang peran kunci dalam memformulasikan dan mengimplementasikan strategi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Fatkhul Ulum Kec. Madang Suku Ii Kab. Oku Timur. Penulis dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Fatkhul Ulum Kec. Madang Suku II Kab. Oku Timur. Subjek dari penelitian ini ada beberapa informan yang terdiri dari; Kepala PKPPS, kepala TU, pengurus pondok, wali asrama, beberapa guru dan beberapa santri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Fatkhul Ulum Kec. Madang Suku II Kab. Oku Timur dilakukandengan komunikasi efektif antara pemimpin dan karyawan, adanya kedekatanpersonal, menciptakan rasa kekeluargaan, merangsang motivasi bekerja, pemberian reward, pelatihan dan evaluasi. Faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja karyawan yaitu pelatihan dan fasilitas, sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja karyawan yaitu kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsinya yang diterima, kurangnya inisiatif untuk eksplorasi mengenai tugas dan fungsinya yang diberikan, kurangnya kesadaran akan kedisiplian, dan komunikasi yang dilakukan tidak selaluberjalan efektif.</p> Muhadi Copyright (c) 2023 Muhadi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/356 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 Sarana Dan Prasarana Penunjang Proses Pembelajaran Di SMA Darul Falah Tulung Sari https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/357 <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pengawasan, dan penghapusan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran di SMA Darul Falah Tulung Sari. Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Subyek penelitian Kepala Sekolah, wakasek sarana dan prasarana, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Proses perencanaan sarana dan prasarana sekolah dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah (2) Pengadaaan sarana dan prasarana sekolah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembanan program sekolah, menggantikan barang-barang yang rusak, hilang, dihapuskan atau sebab-sebab lain yang dapat dipertanggungjawabkan, (3) Pemeliharaan sehari-hari dilakukan oleh setiap guru dan semua siswa, pemeliharaan yang dilakukan seperti membersihkan ruang kelas, menyimpan alat-alat pembelajaran setelah digunakan, dan perawatan buku-buku pelajaran, (4) Pengawasan sarana dan prasarana sekolah dilakukan untuk menghindari penyimpangan, penggelapan, penyalahgunaan, (5) Penghapusan barang inventaris merupakan kegiatan akhir dari siklus pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan dengan menggunakan mekanisme tertentu, berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku.</p> Eka Novia Anggraini Copyright (c) 2023 Eka Novia Anggraini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/357 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700