Muhkam Dan Mutasyabih Dalam Ulumul Qur’an

Authors

  • Anang Silahuddin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Misbahul Ulum Gumawang OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan

Keywords:

Media pembelajaran,, Canva,, Mahasiswa

Abstract

Permasalahan yang saat ini sering dihadapi oleh para mahasiswa adalah keterbatasan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat peserta didik untuk belajar. Media pembelajaran dapat berupa grafik, visual, audio, dan elektronik. Oleh karena itu perlu pemilihan aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah dengan hasil yang maksimal. Salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran yang berkualitas adalah Canva. Canva sebagai salah satu aplikasi desain grafis yang membantu pengguna untuk membuat berbagai jenis material kreatif secara online. Penggunaan Canva sebagai pembuatan media pembelajaran dapat mempermudah dan menghemat waktu guru dalam mendesain media pembelajaran. Adapun dalam hal ini banyak mahsiswa belum mengetahui tentang apa itu Canva dan manfaatnya bagi mereka. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Canva bagi mahasiswa. Dalam kegiatan ini para mahasiswa melakukan praktik pembuatan media pembelajaran Canva. Hasilnya, mereka mampu mengembangkan media pembelajaran yang menarik dengan menggunakan Canva agar dapat menambah motivasi mahasiswa itu sendiri dalam belajar. Dengan alasan inilah penulis memandang pelatihan aplikasi ini penting untuk dilakukan untuk membantu mahasiswa untuk dapat membuat sendiri media pembelajaran yang menarik.

References

Abidin, Yunus. (2016). Revitalisasi penilaian pembelajaran dalam konteks pendidikan multiliterasi abad ke-21. Bandung: Refika Aditama

Adhetya Cahyani, Iin Diah Listiana, Sari Puteri Deta Larasati. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pendidikan Islam, 2715-4793.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Pelangi, G. (2020). Desain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Teknologi Informasi di Tingkat

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasidan Prestasi Belajar Siswa. Volume 5 no 4.

Junaedi, S. 2021. Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima Vol.07 No 2 (Oktober)

Leryan, L. P. A., Damringtyas C. P., Hutomo M. P. dan Printina B. I. (2018). The use of canva application as an innovate presentation media learning history. Jurnal Pendidikan Sejarah, 1.

Livingstone, S. (2012). Critical reflections on the benefits of ICT in education, Oxford Review of Education, Vol. 38 No. 1, pp. 9-24

Nikolopoulou, K. and Gialamas, V. 2016, “Barriers to ICT use in high schools: Greek teachers’ perceptions”, Journal of Computers in Education, Vol. 3 No. 1, pp. 59-75

Pelangi, G. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM. Vol. 8, No. 2 Pendidikan Dasar, 421-442.

Rahma Elvira Tanjung, Delvina Faiza. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteknika.

Rahmatullah, dkk. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.

Rahmatullah, Inanna, & Andi Tenri Ampa, 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 12 No. 2

Rahmatullah, Inanna, Andi Tenri Ampa. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 317-327.

Rima, W., & Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta. Kata Pena

Riza Yuli Rusdiana, Widya Kristiyanti Putri, Vega Kartika Sari. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Mengggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 209-213.

Rusdiana, R. Y., dkk. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pendidikan Magister IPA : Vol. 4 No. 3

Siswanjaya. (2021). PENGGUNAAN CANVA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN. Jurnal Didaktika

Syamsidar, 2021. Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 24 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia). Skripsi. UNM

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.

Tangsi, Satriadi, Muh. Muhaemin. (n.d.). Pembuatan Materi Pembelajaran dengan Aplikasi Canva bagi Guru SDN Pao-Pao Kab. Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 112-1134). Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Tanjung, R. E. & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika, Jurnal Vote Teknika Vol 7 No 2.

Tiara Melinda, Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 96-101.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Anang Silahuddin. (2023). Muhkam Dan Mutasyabih Dalam Ulumul Qur’an. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 5(2 Desember), 123–135. Retrieved from https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/355