Sarana Dan Prasarana Penunjang Proses Pembelajaran Di SMA Darul Falah Tulung Sari

Authors

  • Eka Novia Anggraini Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Misbahul Ulum Gumawang OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan

Keywords:

pemeliharaan,, pengadaan, , penghapusan, , pengawasan, , perencanaan, , sarana dan prasarana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pengawasan, dan penghapusan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran di SMA Darul Falah Tulung Sari. Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Subyek penelitian Kepala Sekolah, wakasek sarana dan prasarana, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan metode alur. Hasil penelitian (1) Proses perencanaan sarana dan prasarana sekolah dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah (2) Pengadaaan sarana dan prasarana sekolah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembanan program sekolah, menggantikan barang-barang yang rusak, hilang, dihapuskan atau sebab-sebab lain yang dapat dipertanggungjawabkan, (3) Pemeliharaan sehari-hari dilakukan oleh setiap guru dan semua siswa, pemeliharaan yang dilakukan seperti membersihkan ruang kelas, menyimpan alat-alat pembelajaran setelah digunakan, dan perawatan buku-buku pelajaran, (4) Pengawasan sarana dan prasarana sekolah dilakukan untuk menghindari penyimpangan, penggelapan, penyalahgunaan, (5) Penghapusan barang inventaris merupakan kegiatan akhir dari siklus pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan dengan menggunakan mekanisme tertentu, berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

References

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar; Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Bandung: Bumi Aksara.

Ellong, Tubagus Djaber Abeng. Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Iqra. Vol. 11. No. 1.

Ismawati, Esti 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kibet, dkk. 2012. Principal Leadership and its Impact on Student Discipline in Kenyan Secondary Schools: a Case of Koibatek District. Jnl Hum & soc Sci. Vol. 4 No. 2.

Megasari, Rika. 2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1.

Nasrudin & Maryadi. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan DalamPembelajaran di SD. Jurnal Managemen Pendidikan. Vol. 13, No. 1.

Nurbaiti. 2015. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. Volume 9, Nomor 4.

Prastyawan. 2016. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman. Volume 6, Nomor 1.

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori & Praktek. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2008. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Bagi Para Calon Guru. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutama. 2014. Penelitian Tindakan PTK, PTS, dan PTBK. Kartasura: Fairuz Media.

Trisnawati, dkk. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Magister Manajemen Pendidikan. Volume 7, No. 1.

Triwiyanto & Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Husain. 2008. Manajemen Teori, Praktik & Riset pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Zainal, Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Eka Novia Anggraini. (2023). Sarana Dan Prasarana Penunjang Proses Pembelajaran Di SMA Darul Falah Tulung Sari. Misbahul Ulum (Jurnal Institusi), 5(2 Desember), 156–166. Retrieved from https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/357